Ikuti @jt_sima
ABSTRAK
JALIL, 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing pada Siswa Kelas XIIPA SMA Negeri 1 Anggeraja Kabupaten Enrekang. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Penerapan
pembelajaran Problem Posing merupakan strategi pembelajaran yang
diadaptasikan dengan kemampuan siswa, dan dalam proses pembelajarannya membangun
struktur kognitif siswa serta dapat memotivasi siswa untuk lebih berfikir
kritis dan kreatif untuk merekonstruksikan pikiran-pikirannya, dalam pengajuan
masalah (merumuskan soal). Pendekatan Problem
Posing itu dapat pula memacu kreativitas belajar siswa dan mereka
termotivasi untuk meningkatkan proses dan hasil belajar yang tinggi.
Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar matematika siswa yang dilakukan selama dua siklus yaitu empat kali pertemuan
Siklus I dan empat kali pertemuan Siklus II dengan dua kali tes siklus. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Anggeraja dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa dalam pokok
bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, pada Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 20010/2011. Setelah diadakan tindakan, data yang terkumpul diolah
dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Pada Siklus I
skor rata-rata siswa yang dicapai setelah penerapan pendekatan Problem Posing sebesar 61,21 dengan standar deviasi 15,16. Pada Siklus II skor
rata-rata siswa meningkat menjadi 76,38 dengan standar deviasi 10,34. Keaktifan
siswa dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan, ini terlihat dari
meningkatnya jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan, siswa yang menjawab
pertanyaan guru, siswa yang merumuskan soal dengan jawaban benar, siswa yang
mengumpulkan PR serta aktif mengerjakan LKS.
Dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pendekatan Problem Posing pada siswa kelas XIIPA SMA Negeri 1 Anggeraja Kabupaten Enrekang dapat berjalan lancar sebagaimana
yang diharapkan. Dengan penerapan pendekatan Problem Posing maka hasil belajar matematika siswa kelas XIIPA
dapat meningkat.
˙·ู •●╰แ╮ikuti twitter dan berbagilah dengan aku di facebook, kritikan dan sarannya sangat di butuhkan ╭แ╯●•ู ·˙
˙·ู •●╰แ╮ikuti twitter dan berbagilah dengan aku di facebook, kritikan dan sarannya sangat di butuhkan ╭แ╯●•ู ·˙
Komentar